Sabtu, 14 Agustus 2010

Sifat dan Ciri SeOrang Introvert

Orang introvert itu emang biasanya pendiam. Biasanya temannya sedikit tapi kalau dia sudah menerima orang itu sebagai temannya, biasanya persahabatan itu akan berlangsung seumur hidup, karena itu orang introvert cenderung setia.


 
Saya mau nanya nih sama tipe introvert lainnya yg udah ada 'seseorang' yang benar-benar dikaguminya secara pribadi (biasanya sih lawan jenis yang memberinya perhatian). Saya mau nanya berapa banyak orang tipe introvert yang merasa telah kehilangan waktunya selama sekian tahun? Karena selama ini ngga membuat sesuatu yang cukup berarti.

Tipe Introvert sih biasanya bijaksana dan bisa memecahkan problem orang lain asal orang itu mau minta nasihatnya, makanya cocok jadi tempat curhat, tapi kalau nggak ya tipe introvert itu termasuk orang yang 'mahal bicaranya'. Jadi kalau ada orang yang diajak bicara sama tipe tersebut berarti dia beruntung.

Orang introvert itu biasanya banyak mikir dan memiliki pemikiran yang jauh, maka itu orang introvert lebih sedikit berbicara, karena dia selalu memikirkan apa yang akan dia katakan, misalnya apa itu pantas dibicarakan, apa perlu untuk dibicarakan, apa kira-kira jawaban yang akan diberikan orang lain, dsb. Dari situ keliatan juga orang intovert cenderung perfeksionis.

Orang intovert juga suka memendam masalahnya sendiri, dia jarang berbagi masalahnya atau menceritakan kehidupannya ke orang lain, dia juga mempunyai self-blaming yang gede (suka menyalahin diri ndiri), yang akhirnya jadi depresi, dan emosian. Tipe ini cuma mau terbuka dengan orang yang sudah bener-bener dia percaya.

Masih banyak sih rahasia lainnya tapi kalau saya ungkapkan nanti saya bisa ditimpukin batu sama sebangsa saya. Misalnya orang introvert itu terlihat 'dingin' atau 'sangaaaaaaatttttttttt dingin' tapi asal kamu mencoba menembus pertahananya itu maka lumer deh esnya. Emang sih orang tipe ini keliatan cuek di luar nya tapi coba masuk ke dalam, orang introvert ngga sedingin yang keliatan di luar.

Lalu orang introvert itu biasanya mau berteman dengan orang yang budi bahasanya halus. Mereka akan langsung tidak suka sama orang yang berkata kasar walaupun kata-kata itu bukan ditujukan untuk dirinya.

Di bawah ini beberapa tipe introvert:

1. Dalam Keseharian
Serius, tenang, kekuatannya pada konsentrasi dan ketelitian. Praktis, rapi, tidak berbelit-belit, logis realistic dan dapat dipercayai, terorganisir dengan baik. Bertanggung jawab mewujudkan idenya sendiri dalam menyelesaikan sesuatu tugas dan melakukan terus menerus daripada melakukan protes atau gangguan

2. Pengamat yang Bagus
Penonton yang tenang, pendiam, mengamati dan menganalisa kehidupan dengan keingintahuannya yang objektif dan lontaran humor yang orisinil yang sering tidak disukai orang lain. Biasanya tertarik dalam memahami sebab-akibat, bagaimana dan mengapa hal-hal mekanis bekerja dan dalam mengorganisir fakta-fakta dengan menggunakan prinsip-prinsip logika. Unggul dalam mendekati inti dari sebuah masalah praktis dan menemukan solusi.

3. Kepribadian
Tenang, bersahabat, bertanggungjawab dan berhati-hati. Setia menjalankan kewajibannya. Mampu menciptakan kestabilan pada tiap proyek atau kelompok. Teliti sungguh-sungguh, akurat. Minat mereka biasanya bukan pada hal teknis. Dapat bersabar pada hal detil. Loyal, cerdik, memperhatikan perasaan orang lain, perhatian.

4. Perasaan
Pemalu ramah, sensitive, baik, rendah hati terhadap kemampuannya. Menghindari pertentangan, tidak memaksakan pendapatnya atau nilai-nilainya pada orang lain. Biasanya tidak tertarik untuk memimpin tetapi merupakan pengikut yang loyal. Santai dalam menyelesaikan tugas karena mereka menikmati hal-hal yang dikerjakannya dan tidak ingin merusaknya dengan tergesa-gesaaan atau pemerasan energi yang tidak sepantasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar